Di Kendari Kantor DPW PPP Dibakar dan Dijarah, Kubu Romy dan Djan Faridz Sama-Sama Prihatin

Tampak Pecahan Kaca Jendela dan Sisa Pembakaran di Kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sulawesi Tenggara (Sultra) di Kendari, Senin (20/4/2015). Foto: Dok. Penulis.
JENDELASULTRA.BLOGSPOT.COM - Kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sulawesi Tenggara (Sultra) di Jalan Syekh Yusuf, Kota Kendari dibakar dan dijarah masa tak dikenal, Minggu malam (19/4/2015). Sejumlah dokumen penting dibakar dan beberapa barang seperti komputer di kantor itu diambil.

Api yang menyala di Kantor yang diduduki PPP La Ode Songko Panatagama versi Djan Faridz ini menyababkan 2 ruangan dilalap api. Masa juga memecahkan 16 jendela kaca lantai 1 dan 2, serta merusak 2 daun pintu. 
Dari empat komputer hanya satu yang diambil yakni komputer yang  berisi data penting dokumen partai. Selain itu sejumlah kursi dan AC ikut diambil termasuk meja dalam ruangan pimpinan. Sementara itu, Sisa-sisa pembakaran dibelakang gedung tampak menyisakan abu dan sekeliling kantor sudah dipasangi pilce line.

Ketua Desk Pilkada PPP Sultra versi Djan Faridz La Unda Palola menyatakan kejadian itu bukan yang pertama terjadi, pekan lalu sudah ada orang yang berusaha membakar kantor itu namun berhasil ditangkap dan diserahkan ke pihak kepolisian. Karena dianggap orang gila akhirnya pelaku itu dibebaskan begitu saja oleh polisi.

“Yang mengherankan dinyatakan gila itu justru datang dengan beberapa temannya melakukan pembakaran dan penjarahan kantor itu. Ada yang datang bawa gerobak dan 2 orang  yang membawa motor supra. Warga tidak tahu kalau itu penjarahan karena disangkanya itu kegiatan kantor,” Kata La Unda di lokasi kejadiian, Jum’at malam (19/4/2015).

Selama  ini kantor itu dijaga oleh satu orang tapi setelah terjadi konflik PPP maka kantor itu sudah tidak dijaga lagi. Pihak La Ode Songko pun sudah melaporkan hal itu ke pihak kepolisian. Karena itu sudah kejadian yang kedua menurut La Unda diharapkan kepolisian menuntaskan hal itu dan para pelakunya harus ditangkap termasuk orang yang sebelumnya sudah dikatakan gila.

Terkait kejadian pembakaran dan pengrusakan kantor itu La Ode Songko selaku Ketua DPW yang berkantor di situ menyatakan sangat prihatin dan tidak ingin menghubungkannya dengan konflik di partai itu.

Pihaknya yang berada di kubu Djan Faridz sepenuhnya menyerahkan  ke aparat kepolisian untuk mengungkap siapa pelaku dan siapa yang menyuruh pelaku. Dikatakannya pihak berwajib harus dapat bersikap profesional menyelesaikan persoalan itu.

“saya ingin berprasangka baik, jangan-jangan ini sebuah kebetulan dengan adanya konflik partai ada yang coba memanfaatkannya. Tentunya sebagai ketua DPW saya menyerukan kepada semua kader yang ada di Sultra untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi dengan kejadian itu,”Kata La Ode Songko di Kendari, Senin (20/4/2015).

Kader diharapkan tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan PPP apalagi kondisi internal yang saat ini memang sedang konflik akan sangat mudah terpicu dengan kejadian seperti itu. Oleh karena itu menurut La Ode Songko biarlah kepolisian melakukan tugasnya.
Kejadian itu sudah dilaporkan ke Ketua Umum PPP Djan Faridz dan sudah pihak-pihak terkait sudah mendapat pengarahan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk lebih mengintensifkan pengamanan di kantor PPP Sultra

Keprihatinan kantor PPP yang dibakar dan dijarah tidak hanya dari kubu Djan Faridz namun kubu Romahurmuziy (Romy) juga mengecam peristiwa itu. Ketua DPW PPP Sultra Abdul Rasyid Syawal sangat menyayangkan kejadian itu serta turut prihatin.

Rasyid yang berada di kubu Romy berharap kepolisian dapat menuntaskan kasus itu. Diungkapkannya dia sangat mencintai kantor DPW itu walaupun tidak berkantor disitu, yang berkantor adalah kubu Djan Faridz dengan ketua DPW PPP La Ode Songko Panatagama.

“Saya memang tidak berkantor di situ dan jujur awalnya saya tidak tahu persis kejadian itu. Tentang kronologi kejadiannya saya tidak tahu pasti. Saya lihat secara fisik nanti tadi pagi,” Kata Rasyid di sekretariat DPRD Sultra, Senin (20/4/2015).


Penulis: Muhamad Taslim Dalma (Jurnalis ZonaSultra.Com)
Polisi memasang police line di Kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sulawesi Tenggara (Sultra), Kendari, Senin (20/4/2015). Foto: Dok. Penulis.

Kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sulawesi Tenggara (Sultra), Kendari (Tampak dari Depan), Senin (20/4/2015). Foto: Dok. Penulis.