Mengenal JENDELASULTRA, Blog Informasi Seputar Sulawesi Tenggara

Jendelasultra.blogspot.com berisi tulisan-tulisan tentang kebudayaan, kuliner, pariwisata, dan hal-hal menarik seputar Sulawesi Tenggara. Penceritaannya secara apa adanya oleh penulis yang juga pemilik blog Muhamad Taslim Dalma.

Sulawesi Tenggara yang berakronim “Sultra”, merupakan provinsi yang terdiri dari 17 kabupaten/kota. Wilayah ini kaya dengan tradisi, kearifan lokal, lokasi wisata, makanan khas yang dipublikasikan melalui foto dan tulisan blog ini.

Kehadiran Jendelasultra.blogspot.com diharapkan bisa menjadi bahan bacaan masyarakat Sultra maupun masyarakat dunia. Tentu dengan segala keterbatasan, Jendelasultra.blogspot.com berusaha memberi yang terbaik, sebab sesungguhnya memberi itu lebih baik dari pada menerima.
Profil Penulis
Muhamad Taslim Dalma lahir di Wakuru (Muna), 15 November 1991. Pria yang akrab disapa “Icon” ini merupakan anak pertama dari 5 bersaudara. Ia mengawali dunia akademik di Madrasah Ibtidayah Negeri (MIN) Wakuru pada tahun 1998, sekolah setingkat SD yang ditamatkan tahun 2004. Tamat Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Tongkuno pada tahun 2007 dan SMAN 1 Tongkuno 2010.

Jenjang pendidikan S1 berhasil diraih pada tahun 2014 yakni Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dari Universitas Halu Oleo (UHO). Kini (2016- 2018) berhasil meraih gelar master (S2) di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sasta Indonesia Pasca Sarjana, UHO.

Prestasi kepenulisan sastra yang pernah diraih adalah juara satu dalam lomba penulisan puisi “Pesona Ramadhan Kampus (Perak)” se-UHO yang diselenggarakan Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) UHO pada tahun 2011. Puluhan puisinya pernah  dimuat harian Kendari Pos. Buku puisi pertamanya “Putra Haluoleo di Negeri Kepompong” diterbitkan tahun 2014. Selain itu, karya puisinya juga dimuat dalam buku antologi puisi 29 Penyair Sulawesi Tenggara “Teluk Bahasa” yang diterbitkan Sastra Digital pada 2014.

Saat ini Muhamad Taslim Dalma juga aktif di dunia jurnalistik. Ia mulai bekerja sebagai jurnalis pada tahun 2014 di harian “Media Sultra” lalu pada tahun 2015 (sampai sekarang) pindah di media online “ZonaSultra.Com”. Saat ini tergabung dalam organisasi profesi  Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kendari (sejak 2017) dan pada 2018 menjadi anggota Society of Indonesian Science Journalists (SISJ).

Prestasi di dunia jurnalistik yang pernah diraihnya adalah penerima fellowship (beasiswa)peliput berita lingkungan oleh Aji Kendari (2015). Selain itu, dia juga menjadi peserta dalam Konferensi Jurnalis Sains di Bogor pada tahun 2015. Terbaru ia menjadi  peserta program pelatihan jurnalis sains selama 10 bulan (2017-2018) dan mendapatkan fellowship liputan mendalam terkait isu sains dan pangan oleh SISJ kerja sama dengan Sasakawa Peace Foundation.

Jurnalistik dan sastra (khususnya puisi) merupakan bagian yang terpisahkan dalam kehidupannya sebab menurutnya “menulis adalah salah jalan untuk berbahagia”. Pesan, saran, dan kritik tentang jendelasultra.blogspot.com dapat melalui email muhamadtaslimdalma99@gmail.com.***