Keistimewaan Puncak Amarilis: Aneka Warna Batu Alam Tersaji

Batuan Alam di Air Terjun Puncak Amarilis. Foto: Dok. Penulis
JENDELASULTRA.BLOGSPOT.COM, KENDARI - Puncak Amarilis Kota Kendari dapat menjadi salah satu tujuan wisata Anda. Lokasinya tergolong mudah diakses bagi Anda yang berada di Kota Kendari dikarenakan  jalur pendakian dapat dimulai dari pusat kota tepatnya di Lorong Amarilis (dekat kantor DPRD Kota Kendari).   Untuk sampai ke puncaknya kita harus berjalan mendaki, sekali tempuh memakan waktu sekitar 1,5 jam. Setelah sampai di puncak, untuk ke air terjunnya kita harus menuruni tebing bebatuan  sekitar 100 meter.

Dari puncak Amarilis kita akan dibuat takjub dengan pemandangan teluk dan kawasan Kota Kendari yang terlihat begitu kecil. Jika hendak bermalam kita dapat mendirikan kemah dan membuat api unggun. Pada malam hari ribuan lampu yang menerangi seisi kota tampak kelap-kelip seperti kunang-kunang. Selain itu, di kawasan puncak ini terdapat aliran sungai dan air terjun yang membuat lokasi wisata lokal ini jadi lebih istimewa.

Di lokasi air terjun mata kita akan dimanjakan dengan aliran air terjun yang tingginya sekitar 7 meter. Di bawah air terjun terdapat banyak bebatuan alam yang menghiasi aliran airnya. Para pengunjung biasanya memanfaatkan air terjun ini untuk berfoto dan berselfie ria. Di bawah air terjun kita bisa mandi sembari menyelami airnya yang sejuk. Kelelahan selama mendaki akan terbayarkan dengan kesejukan dan panorama yang dihidangkan air terjunnya.

Penelusuran penulis di puncak Amarilis terdapat keindahan “Surgawi” yang sepertinya selama ini terlewatkan yakni bebatuan alamnya yang menimbulkan kilauan warna menarik.   Beberapa batu yang menampakkan aneka warna dengan pola yang menarik dapat ditemukan di sekitar air terjunnya mulai dari batu berwarna bening keputihan, merah bergaris, kuning kecoklatan, dan aneka warna lainnya. Meskipun batu-batu ini memiliki banyak warna menarik namun sepertinya tidak cocok disebut batu akik karena teksturnya yang gampang pecah.

Pengunjung kawasan wisata ini biasanya berkunjung pada Sabtu sore untuk bermalam minggu bersama teman sekolah/kampus, keluarga, kelompok pencinta alam dan lain sebagainya. Puncak keramaian kawasan wisata ini terjadi pada momen tahun baru dimana nyala kembang api terlihat jelas dari ketinggian puncak ini.


Penulis: Muhamad Taslim Dalma

Pemandangan dari Puncak Amarilis. Foto: Dok. Penulis
Tebing yang harus dituruni untuk sampai ke Air Terjun Puncak Amarilis. Foto: Dok. Penulis

 Setelah Menuruni Tebing yang Cukup Curam, Kita akan Menemukan Air Terjun dengan Aneka Batu Berwarna di Bawahnya. Foto: Dok. Penulis