Berkunjung ke Kendari, Ayo Datangi Air Terjun Ini

Air Terjun Nanga-Nanga. Foto: Dok. Penulis
JENDELASULTRA.BLOGSPOT.COM, KENDARI - Liburan tidak harus selalu dengan mengunjungi tempat-tempat wisata di luar kota ataupun luar negeri dengan menghabisan banyak biaya. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri hanya untuk mendapatkan liburan yang berkesan, di Indonesia apalagi di Sulawesi Tenggara (Sultra) ada banyak tempat wisata yang bisa dijadikan tempat untuk berlibur. Kalau Anda suka dengan wisata air, mungkin Air terjun Nanga-Nanga bisa dijadikan destinasi wisata akhir pekan Anda.

Air terjun  Nanga-Nanga merupakan obyek wisata yang terletak di Desa Nanga-Nanga, kecamatan Kambu, Kota Kendari. Untuk sampai ke lokasi ini, kita menempuh sekitar 205 menit perjalanan dari Kantor Gubernur Sultra. Pengunjung biasanya menggunakan kendaraan pribadi atau rental, karena tidak ada angkutan umum ke tempat wisata ini.

Saat tiba, kita akan menemukan sebuah bendungan, dan masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, menyusuri bibir sungai Nanga-Nanga.  Jalan setapak yang dibuat berupa lantai semen sudah sedikit hancur karena tidak direnovasi. Setelah berjalan kaki sekitar setengah kilo meter barulah kita sampai di lokasi air terjun.

Objek wisata ini menawarkan  pemandangan jernihnya aliran air dalam kepungan pepohonan berukuran besar yang rimbun. Airnya yang sejuk jatuh dari ketinggian sekitar 5 meter menghantam bebatuan di bawahnya. Bebatuan alam dan rindangnya pepohonan seolah memagari air terjun ini menjadi pesona tersendiri yang sulit Anda dapatkan di tempat lain.

Perpaduan alam yang demikian indah cukup ideal untuk mengabadikan potret Anda dengan latar air terjun ini. Selain itu, suasana lokasi wisata yang masih sepi dan hening sangat cocok bagi Anda remaja/anak muda yang mendamba ketenangan dari keramaian kota, atau bagi Anda yang baru berkunjung ke Kota Kendari sangat sayang melewatkan kunjungan ke tempat ini padahal jaraknya tidak jauh dari pusat kota.


Penulis: Muhamad Taslim Dalma