Inilah Daftar Situs Berita Online di Sulawesi Tenggara (Kendari)

Daftar media online di Sulawesi Tenggara.

JENDELASULTRA.BLOGSPOT.COM - Seiring perkembangan teknologi dunia,  masyarakat semakin dimanjakan dengan akses tanpa batas terhadap informasi. Dari yang semula informasi banyak didapatkan melalui koran dan radio, kini ramai tentang media online. 

Baca berita online yang kebanyakan melalui smartphone. Dominan smartphone produk made in Tiongkok. Beragam fitur pun bebas digunakan masyarakat seperti  ojek online, taxi online, semua online-online. Sulawesi Tenggara pun demikian, perkembangan media online mengisi ruang-ruang kesempatan baca masyarakat.

Media online di Sulawesi Tenggara hadir dengan tampilan berbeda-beda mulai dari isi web, kecepatan update, kecepatan loading, dan lain sebagainya. Berikut daftar media online di Sulawesi Tenggara.



Media ini lahir 26 Mei tahun 2014 silam, didirikan oleh Rustam, mantan wartawan harian “Media Sultra”. Zonasultra diterbitkan oleh perusahaan PT Citra Media Abadi. Awalnya situs ini ZONASULTRA.COM lalu berganti jadi ZONASULTRA.ID sejak Mei 2022.

Zonasultra cenderung stabil, buktinya hingga tahun 2022 masih tetap eksis. Berita dari dari 17 kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara tampak muncul di media ini. Berbagai berita penting, menarik, dan mendalam seputar Sulawesi Tenggara dapat dijumpai dalam situs web ini. Salah satu keunggulannya adalah menyajikan isu-isu lokal. 



Media ini lahir 14 Agustus tahun 2013. Pendirinya adalah M. Djufri Rachim, mantan wartawan harian “Kendari Pos”. Sebelum menangani Sultrakini, Djufri sempat menangani kendarinews.com, salah satu media online milik Kendari Pos. Kendarinews sempat terkenal sebelum tahun  2014. 

Sultrakini juga menjadi salah satu media cukup stabil yang masih bertahan. Media ini  berkantor di Kendari, Sulawesi Tenggara. Hingga 2022 media ini masih menjadi pilihan sumber bacaan masyarakat dengan karakteristik pemberitaannya. Sultrakini diterbitkan oleh PT Sultra Media Utama.



Kendarinesia merupakan media jaringan dari pelatform media online KUMPARAN.COM. Media ini (Kendarinesia) lahir saat Kumparan meluncurkan program 1001 Startup Media. Program tersebut diinisiasi untuk membantu pendirian, pengelolaan, dan peningkatan media online di berbagai daerah di Indonesia.
Dalam program yang seleksinya berlangsung pada tahun 2018 tersebut, Kumparan menerima 1700 proposal pendirian media dari berbagai wilayah di Indonesia. Hingga akhirnya lahirlah Kendarinesia. 



Portal berita Tribunnewssultra beroperasi di Sulawesi Tenggara dengan kantor di Kota Kendari. Media ini diluncurkan oleh jaringan pemberitaan nasional, Tribun Network, pada18 Desember 2021 lalu. Dalam perkenalannya, media ini mengaku sebagai portal berita terkini, breaking news, dan berbagai berita lainnya.
Tribunnewssultra dikelola Tribun Network, anggota Group of Media Kompas Gramedia. Ketika mengunjungi situs ini, pembaca akan langsung diarahkan masuk ke sultra.tribunnews.com 
***
Selain 4 media yang telah disebutkan, masih ada lagi media online lokal lainnya yang dapat menjadi pilihan pembaca masyarakat Sulawesi Tenggara maupun masyarakat dunia. Misalnya kendariinfo.com, detiksultra.com, sultranesia.com, tegas.co, penasultra.id, lenterasultra.com, tirtamedia.id, nawalamedia.id, bentaratimur.id, bumisultra.com,  dan lainnya.  

Catatan: artikel ini telah diperbaharui pada 4 Juli 2022


Penulis: Muhamad Taslim Dalma