Bupati Wakatobi: Bakau Teluk Kendari Harus Dipertahankan

Ilustrasi Mangrove. Foto: Int

JENDELASULTRA.BLOGSPOT.COM, KENDARI – Kondisi bakau (mangrove) teluk kendari yang lambat laun menyusut akibat pembangunan di sekitarnya menurut Bupati Wakatobi Hugua sangat disayangkan padahal  ikon teluk dan bakau Kota Kendari tidak dimiliki daerah lain.

Saya di Wakatobi selalu berusaha melestarikan pohon-pohon, dan memang yang paling berat itu adalah menanam pohon dan membuat satu taman di dalam kota itu beratnya minta ampun. Sekarang coba jelaskan pada saya apa yang paling khas di Kota Kendari kalau bukan bakau” Ujarnya di Kendari, Selasa (24/2/2015).

Bupati Wakatobi dua periode ini tidak mempersoalkan program pemerintah daerah di  teluk Kendari tapi hutan bakau harus menjadi identitas kota. “Membangun bangunan lantai 10 tidak sulit, menembok laut apa sulitnya, yang penting ada dana, tapi membuat hijau dengan penataannya, itu yang tidak mudah” Katanya.

Menurut Hugua melestariakan bakau harus menjadi prioritas di kawasan Sulawesi Tenggara. “Bagaimana lingkungan Sulawesi tenggara ini bisa asri, salah satu lingkungan asri adalah bakau termasuk yang ada di teluk Kendari” katanya. 

Hugua mengatakan lahan di teluk Kendari yang menjadi milik warga dapat dibeli (pembebasan lahan) untuk ditanamkan pepohonan dan vegetasi bakau dapat kembali dilestarikan.


Penulis:  Muhamad Taslim Dalma