Intensitas Media Lokal di Sultra Garap Isu Lingkungan, Ini hasil Monitoring Aji

Saat Foto Bersama Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kendari dalam Acara "Focus Grup Diskussion". Foto: Dok. Penulis.
JENDELASULTRA.BLOGSPOT.COM, KENDARI – Sejumlah media lokal di Sulawesi Tenggara (Sultra) terhitung cukup maksimal dalam pemberitaan mengenai isu lingkungan. Hal itu berdasarkan pemantauan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kendari yang diuangkapkan dalam acara focus grup diskussion isu lingkungan dalam perspektif media lokal di Sultra.

Kordinator acara La Ode Pandi Sartiman mengatakan yang pelu dikembangkan media lokal saat ini adalah kemampuan jurnalisnya untuk mengupas secara dalam tentang masalah lingkungan. Harapan AJI ke depannya jurnalis dapat lebih komitmen mengagkat isu lingkungan, bukan hanya permukaannya tapi lebih mendalam.

Empat media dimonitoring yakni Kendari Pos, Rakyat Sultra, Berita Kota Kendari, dan Bau-Bau Pos. Keempatnya menurut Pandi sudah menyediakan konten atau halaman khusus lingkungan hanya memang yang jadi kekurangannya ada pada wartawan yang belum memaksimalkan halaman tersebut.

“Alasan keempat media itu dijadikan tolak ukur pemberitaan lingkungan di Sultra karena media-media itu selama ini cukup kapabel dalam pemberitan lingkungan sehingga kawan-kawan di AJI hanya memonitor empat media itu,” Kata Pandi di sela-sela acara yang digelar di Hotel Athaya, Kendari, Sabtu (30/5/2015).

Ke depan kata Pandi bisa saja semua media lokal di Sultra dimonitoring termasuk media elektonik dan online.  Tidak terkecuali salah satu media online terbesar di Sultra ZonaSultra.Com yang memiliki halaman tersendiri untuk berita lingkungan.


Penulis: Muhamad Taslim Dalma (Jurnalis ZonaSultra.Com)