Tahukah Anda Jumlah Sarana Transportasi di Kota Kendari? Sepeda Motor "Rajanya"

Grafik Presentase Jumlah Kendaraan di Kota Kendari Sepanjang Tahun 2013 – 2014. Sumber: status lingkungan hidup (SLHD) Kota Kendari Tahun 2014.
JENDELASULTRA.BLOGSPOT.COM, KENDARI - Sarana transportasi atau kendaraan bermotor di Kota Kendari memegang peranan yang sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi. Ekonomi akan maju identik dengan pertumbuhan transportasi suatu daerah. (Baca Juga: Penduduk Kota Kendari Lebih Banyak Laki-Laki, Ini Buktinya)

Sarana transportasi sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat Kota Kendari di zaman modern ini. Di ibu kota provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ini Transportasi sangat dikenal jelas oleh masyarakat baik masyarakat yang kemampuan ekonomi tinggi maupun rendah.

Transportasi di Kota Kendari mempunyai banyak jenis mulai dari darat, laut, dan udara. Contohnya : mobil pete-pete, sepeda motor, kapal cepat (ada Sagori dan cantika), pesawat terbang.

Sarana Transportasi dapat  dikategorikan menjadi berbagai macam tapi yang akan dibahas yaitu angkutan darat dan angkutan laut. Berdasarkan laporan status lingkungan hidup (SLHD) Kota Kendari Tahun 2014 kendaraan bermotor terus bertambah bahkan melebihi perkiraan.

"Sarana transportasi sepeda motor merupakan mayoritas yang ada di Kota Kendari dengan pencapaian jumlah 128.257 atau sekitar 87%," dalam SLHD Kota Kendari 2014. Sementara untuk tahun 2015 ini diperkirakan akan terus meningkat dengan pertambahan berbagai bentuk sarana transportasi.
Jumlah Kendaraan di Kota Kendari Sepanjang Tahun 2013 – 2014. Sumber: status lingkungan hidup (SLHD) Kota Kendari Tahun 2014.


 Penulis: Muhamad Taslim Dalma (Jurnalis ZonaSultra.Com)