Masuki Tahap Uji Kepatutan dan Kelayakan, Pintu PDI Perjuangan Sultra Belum Boleh Diklaim

Partai Demokrasi Indonesai (PDI) Perjuangan Sulawesi Tenggara (Sultra)
JENDELASULTRA.BLOGSPOT.COM, KENDARI - Penjaringan calon kepala daerah dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2015 oleh Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah memasuki tahapan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test). Sampai hari  ini (Selasa, 19/5/2015) belum ada kepastian siapa bakal calon (balon) kepala daearah yang ditetapkan memakai pintu PDI Perjuangan di 7 daerah pilkada Sultra.

Sekretaris DPD PDIP Sultra Litanto mengatakan balon yang sudah mendaftar dan maju ke tahap uji kepatutan dan kelayakan belum boleh mengklaim pintu PDI Perjuangan meskipun itu adalah kader. Nanti setelah melewati semua proses penjaringan maka Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang akan menentukan orang mana yang akan dicalonkan.

"Contohnya di Wakatobi meskipun kami bisa mengusung figur dari kader kami sendiri tapi tetap membuka pendaftaran untuk figur lainnya. Di sana yang akan maju ke tahap uji kepatutan dan kelayakan yaitu Ali Tembo, Haliana, dan La Aba," Kata Litanto di gedung komisi DPRD Provinsi Sultra.

Sampai tahap uji kepatutan dan kelayakan sudah ada beberapa yang berguguran karena mengundurkan diri dari pencalonan. Hal ini kata Litanto dikarenakan beberapa figur yang tiba-mengurungkan niat untuk tampil di Pilkada.

Uji kepatutan dan kelayakan PDI Perjuangan Sultra akan berlangsung di Makassar pada 22 sampai 23 Mei 2015 mendatang. Tahapan itu kata Ltanto akan diikuti sekiar  43 bakal calon kepala daerah asal Sultra.

Penulis: Muhamad Taslim Dalma (Jurnalis ZonaSultra.Com)