Tahapan Rekrutmen Komisioner KPU Konkep dan Koltim Dimulai, KPU Sultra Siapkan Timsel

Ilustrasi Seleksi Komisioner KPU Konawe Kepulauan (Konkep) dan Kolaka Timur (Koltim).
JENDELASULTRA.BLOGSPOT.COM, KENDARI - Perekrutan Komisioner KPU untuk Kolaka Timur (Koltim) dan Konawe Kepulauan (Konkep) diawali dengan pembentukan tim seleksi (timsel) awal Juni 2015. Hal ini sudah diperkuat dengan adanya  kebijakan revisi anggaran dari KPU RI berdasarkan Surat Keputusan (SK)  No. 228/KPU/V/2015 yang diterima KPU Sulawesi Tenggara (Sultra) terkait dengan pembiayaan seleksi.

Ketua KPU Sultra Hidayatullah  mengatakan pihaknya saat ini sedang  melakukan persiapan pembentukan Timsel dan segala keperluan rekrutmen lainnya.  Rencananya, sebelum penetapan calon kepala daerah di akhir Agustus, Komisioner KPU dua kabupaten itu sudah definitif.

“Besok itu (Jum’at, 29/5/2015) kita akan menetapkan rencana awal  penerimaan timselnya. Jadi penerimaan timselnya tanggal 1 sampai 4 Juni dengan jumlah paling banyak 10 orang dimana 5 orang  timsel per kabupaten,” Kata Dayat sapaan akrab Ketua KPU Sultra saat wawancara, Kamis (28/5/2015).

Yang akan menjadi timsel adalah orang-orang yang berintegritas baik berasal dari kalangan profesional, akademisi, maupun tokoh-tokoh masyarakat.  Dayat bercerita dalam waktu paling lama 2 bulan hasil dari timsel sudah akan diterima untuk diproses lebih lanjut berupa fit and proper test (uji kepatutan dan kelayakan).  
  
Jika sudah dilantik komisioner yang definitif kata Dayat maka tugas  KPU Koltim dan Konkep yang selama ini diambil alih oleh KPU Kolaka dan Konawe secara otomatis terhenti di tengah jalan.

Penulis: Muhamad Taslim Dalma (Jurnalis ZonaSultra.Com)