Nasdem Tentukan Calon Bupati 2 daerah Pilkada di Sultra

Ali Mazi
JENDELASULTRA.BLOGSPOT.COM, KENDARI – Suksesi pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2015 untuk partai Nadem baru menetapkan 2 figur calon bupati yang akan diusung dari 7 daerah Pilkada di Sulawesi Tenggara (Sultra). Kedua figur itu yakni Rusman Emba di Muna dan Toni Herbiansyah di Kolaka Timur (Koltim).

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem Sultra Ali Mazi membantah jika sudah ada rekomendasi selain dari dari kedua figur itu. Seperti di Konawe Selatan (konsel) dan daerah lainnya belum sampai tahap rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Nasdem.


“Di Konsel itu belum. Masalah sudah ada (Asnawi Syukur) yang mengklaim bisa saja itu. Yang jelas baru dua Koltim dan Muna,” Kata Ali Mazi di Sekretariat DPW Nasdem, Kendari, Senin (29/6/2015).


Kendati demikian, Rusman dan Tony yang sudah mendapat rekomendasi dari Nasdem belum bersifat final karena keduanya harus mendapatkan rekomendasi dari partai-partai lain. Hal itu agar syarat terpenuhinya 1 pintu bisa terwujud karena kursi Nasdem di dewan cukup terbatas.


“Jadi syaratnya itu mereka juga harus menunjukkan sudah didukung oleh partai-partai lain dengan memperlihatkan rekomendasi. Sehingga ketika mendaftarkan dirinya cukup memenuhi persyaratan,” Kata Ali Mazi.


Secara prinsip calon dari kader dari partai Nasdem yang akan diusung dalam Pilkada di Sultra, namun jika tidak ada maka figur dari luar partai yang akan diusung berdasarkan survey Lingkaran Survei Indonesia (LSI). Lanjut Ali, alasan utama Nasdem memilih figur untuk diusung di 7 daerah Pilkada karena memiliki hasil survey tertinggi dari LSI.



Penulis: Muhamad Taslim Dalma (Jurnalis ZonaSultra.Com)