Pj Bupati Butur Saemu Alwi Tidak Bertugas Pindahkan Ibu Kota

Ilustrasi Pemindahan Ibu Kota
JENDELASULTRA.BLOGSPOT.COM, KENDARI – Pejabat (Pj) Bupati Buton Utara (Butur) Saemu Alwi yang baru saja dilantik bertugas meneruskan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, serta memfasilitasi penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Desember 2015.

Saemu Alwi menegaskan tugasnya tidak memiliki hubungan dengan desakan tertentu yang menginginkan ibu kota dipindahkan dari Buranga ke Ereke. Ketika ditanya dimana daerah tempatnya berkantor di Buranga atau di Ereke? Saemu menjawab diplomatis dengan mengatakan akan memilih tempat yang paling efektif untuk menjalankan pemerintahan.

“Intinya itu bagaimana kita menyelenggarakan pemerintahan secara efektif. Mau dilaksanakan di kantor camat A, B, atau C yang penting efektif itu saja,” kata Saemu saat ditemui di Ruang Paripurna DPRD Sultra, Jum’at (26/6/2015).

Saemu menambahkan saat ini semua elemen di Butur harus berpikir bagaimana prosesi Pilkada dan penyelenggaraan pemerintahan bisa berjalan lancar.  Dalam suksesi pilkada Desember diharapkan tidak ada PNS yang terlibat dalam permainan politik. PNS otomatis netral dalam respon penyelenggaraan Pilkada.

“Sudah ada aturannya. Tidak mungkin ada yang berani main-main dan kalaupun ada yang main-main kita semua ini bisa menjadi pengontrolnya. Saya akan komandoi mereka untuk tidak main-main,” ujar Saemu.



Penulis: Muhamad Taslim Dalma (Jurnalis ZonaSultra.Com)