Tiga Kabupaten di Sultra Belum Cairkan NPHD, Ini Cara Panwas Siasati Anggaran

Pimpinan Bawaslu Sulawesi Tenggara (Sultra) Hamiruddin Udu
JENDELASULTRA.BLOGSPOT.COM, KENDARI – Dari tujuh kabupaten masih ada tiga kabupaten yang belum mencairkan anggaran Panwas yaitu Muna, Wakatobi, dan Konawe Kepulauan (Konkep). Terpaksa untuk menjalankan tugas-tugas Panwas tiga daerah itu sementara ini masih disiasati dengan mengandalkan uang patungan anggota Panwas.

Pimpinan Bawaslu Sultra Hamiruddin Udu mengatakan hal ini cukup memprihatinkan padahal naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) untuk anggaran panwas dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2015 di Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah ditandatangani. Dia berharap pemerintah daerah (Pemda) segera mencairkan anggaran tersebut karena sangat mempengaruhi kinerja.


“Mereka sudah kesulitan tapi demi tugas negara mereka terpaksa harus patungan agar pengawasan tahapan yang mereka lakukan tetap jalan sesuai harapan kita semua, Pemda semestinya memikirkan masalah tsb shg tdk memberatkan jajaran kami ditingkat bawa,” kata Hamiruddin di Kantornya, Kamis (4/5/2015).

Dalam waktu dekat ini Bawaslu sultra akan menyampaikan laporan kepada bawaslu RI terkait pemda yang belum mencairkan anggaran panwas agar bisa dikomunikasikan dengan kementerian dalam negeri (Kemendagri). Dikatakan Hamiruddin untuk pemda wakatobi dan konkep menjanjikan besok (Jum,at) paling lambat sudah mencairkan anggaran panwas.

 “Pemda Muna hingga saat ini belum bisa dipastikan akan segera mencairkan anggaran karena kepala dinas yang menangani masalah keuangan itu masih cuti. Untuk masalah tersebut, seharusnya bupati muna dapat mengambil kebijakan khusus,” Kata Hamiruddin. (Baca juga: Hadapi Pilkada Serentak, Butur Belum Tanda Tangani NPHD, KPU Sultra Beri Batasan Waktu)

Penulis: Muhamad Taslim Dalma (Jurnalis ZonaSultra.Com)