Nasdem Tidak Melakukan Fit And Proper Test Balon Bupati di Sultra, Ini Lembaga Survey yang akan Digunakan

Ketua I Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) Nasdem Sulawesi Tenggara (Sultra) La Ode Iksanuddin Saafi. Foto: Dok. Penulis
JENDELASULTRA.BLOGSPOT.COM, KENDARI - Dalam penjaringan bakal calon (Balon) bupati pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2015 di Sulawesi Tenggara (Sultra) partai Nasdem tidak melakukan fit dan proper test sebagaimana halnya partai lainnya.

Hal itu diungkapkan ketua I bidang pemenangan pemilu (Bappilu) Nasdem Sultra La Ode Iksanuddin Saafi. Dikatakannya sesuai tahapan  yang sudah dijadwalkan partainya, setelah dilakukan survey akan langsung ke tahap penentuan calon. (Baca Juga: Ini Daftar Balon Bupati dari DPP Nasdem Untuk Pilkada 2015 di Sultra)

"Untuk sementara info yang kami terima tidak dilakukan fit and proper test dan itu sudah menjadi ketentuan dari DPP (Dewan Pimpinan Pusat) Nasdem," Kata Iksanuddin di Kendari, Kamis (4/6/2015).

Partai Nasdem akan melaksanakan survey elektabilitas terhadap calon dan pasangan calon, yang dinilai memenuhi kualifikasi partai yang dipimpin Surya Paloh itu. Iksanuddin mengatakan, pelaksanaan survey diserahkan kepada lembaga survey yang ditunjuk oleh DPP Nasdem. Adapun lembaga survey yang ditunjuk untuk Sultra kemungkinan Indobarometer.

Dalam proses Survey Partai Nasdem di Sultra, Semua calon akan di survey termasuk yang tidak mendaftar di Nasdem. Hal ini menurut Iksanuddin untuk melihat peta kekuatan masing-masing figur dan akan membantu dalam pengambilan keputusan akhir DPP partai Nasdem tentang siapa yang akan diusung.

Meskipun figur yang tidak mendaftar di Nasdem ikut disurvey, menurut Iksanuddin tidak akan mempengaruhi daftar Balon yang sudah dikantongi partainya. "Mereka yang tidak terdaftar tidak akan masuk dalam bursa pencalonan partai Nasdem tetapi hanya untuk membandingkan daftar figur yang akan kami usung," Kata Iksanuddin.


Penulis: Muhamad Taslim Dalma (Jurnalis ZonaSultra.Com)