Film 3 Idiots (Komedi-Romantis-Insratif) dan Cita Rasa Baru Ala Bollywood

JENDELASULTRA.BLIGSPOT.COM – Dalam rentang waktu 2009 – 2016 industri perfileman India menunjukkan inovasi yang cenderung melepaskan kekauannya. Tentu saja industri itu adalah Bollywood yang berpusat di Mumbai, India.

Masa-masa sebelum rentang tahun tersebut, yakni pada 90-an mayoritas Bollywood memproduksi film-film bergendre aksi yang kental dalam lakon-lakon perwira polisi. Kekakuan tersebut lepas dengan meledaknya sebuah film paling romantis dalam sejarah perfileman India (bahkan dunia) berjudul “Kuch Kuch Hota Hai” yang diperankan Shah Rukh Khan – Kajol - Rani Mukerji, rilis 1998.

Kuch Kuch Hota Hai yang dikemas dengan cerita bernuansa percintaan dan kualitas aktor-aktornya, membuatnya digandrungi bukan saja di India tapi juga di seluruh dunia. Sukses tersebut juga melambungkan nama aktor Shah Rukh Khan dan menjadi awal dominasinya di antara aktor-aktor  Bollywood lainnya.

Ketenaran film tersebut berlarut sampai awal tahun 2000-an dan turut memicu kelahiran film-film romantis lainnya berbalut aksi yang jumlahnya tak terkira. Monopoli film-film terlaris, di antaranya dipegang oleh Shah Rukh Khan - Aamir Khan – Salman Khan, segitiga klan “Khan” yang masih tetap mempertahankan eksistensinya hingga kini (2017).

Satu dekade setelah munculnya Kuch Kuch Hota Hai, tepatnya 2009 produk dari industri film India mulai menunjukkan geliat inovasi dan kreatifitasnya. Tak lain penandanya adalah lahirnya film “Three (3) Idiots” yang diperankan oleh salah satu dari segitiga klan Khan, ialah Aamir Khan. Sebuah film yang mengubah perwajahan film India dengan rangkaian cerita komedi-romantis-inspiratif dibanding sebelumnya yang belum terlalu maksimal soal komedi.

Salah satu adegan dalam film 3 idiots. Foto: screenshot video.
Film 3 Idiots - ALL IS WELL

Film komedi-romantis-inspiratif (komplitlah untuk sebuah film yang meninjolkan sisi komedi) ini diperankan Aamir Khan,  Kareena Kapoor, Madhavan, dan Sharman Joshi. “3 Idiots” disutradarai Rajkumar Hirani meluncur kepublik pada Desember 2009 dan langsung mendapat sambutan hangat.

Kisah 3 Idiots ini  ditampikan dengan alur campuran, di mulai dari tengah cerita – flashback (kilas balik) – kemudian lanjut hingga akhir cerita. Alkisah Farhan Qureshi (Madhavan) dan (sharman Joshi) Raju Rastogi bertemu rekan kuliah (katakanlah musuh) bernama Chatur Ramalingam (Omi Vaidya). Chatur merupakan seorang kutu buk yang berpenampilan necis mengklaim dirinya sudah jadi orang sukses. Ketiganya sepakat untuk mencari sahabat  Farhan  dan Raju yang bernama  Rancchordas Shyamaldas Chanchard alias Rancho (Amir Khan). 

Dalam perjalanan menemukan Rancho, alur film membawa penonton ke kehidupan kampus Teknik di India yang mana keempat tokoh itu masih menjadi mahasiswa. Kampus mereka dipimpin oleh seorang rektor dengan pola kepemimpinan disiplin dan tegas, Viru Sahastrabudhhe ini (Boman Irani). Viru memiliki seorang putri Piya (Kareena Kapoor) yang kemudian menjalin kedekatan dengan Rancho.

Ketiga tokoh 3 idiots (Rancho-Farhan-Raju) masing-masing diceritakan memiliki kisah tersendiri namunyang paling menarik tetaplah tokoh utamanya si Rancho. Ia digambarkan sebagai seorang mahasiswa cerdik yang membunyai pemikiran luas dan tak terbatas pada teori-teori buku.

Di awal kedatangannya di asrama mahasiswa, ia mengerjai seorang senior yang hendak memberikan ospek. Rancho yang baru tiba di kamarnya tak mau membuka pintu meskipun dipaksa oleh seniornya tersebut dan jika tak membuka pintu maka pintu kamar akan dikencingi. Dengan sigap Rancho menarik kabel lampu, merakitnya dengan sendok lalu memasangnya di bawah pintu. Alhasil seniornya kesetrum listrik lewat aliran kencing. Sampai di cerita ini penonton pasti tak akan tahan menahan gelak tawa (he..he..).

Sikap dan pemikiran Rancho yang ingin mendobrak pemikiran kaku ala kampus teknik di India mendapat perlawanan dan selalu membuat marah sang Rektor. Namun Rancho tak dapat didepak karena memang cerdas dan berlatar belakang orang terpandang. Secara tak sengaja ia menjalin kedekatan dengan Piya, putri rektor. Di pertengahan cerita (dekat akhir), Rektor mengapresiasi Rancho karena aksi penyelematan putri Viru (kakak Piya) yang akan melahirkan. Saat itu listrik padam dan hujan deras sehingga tak bisa dibawa ke rumah sakit.

Dalam adegan penyelamatan itu, mucul kata-kata paling inspiratif yang paling melakat dalam film ini dan bahkan lebih tenar dari judulnya sendiri “3 idiots”. Rangkaian kata itu adalah “ALL IS WELL”, sebuah rangkaian kata berbahasa Inggris yang artinya “semua baik-baik saja”. Rangkaian kata ini juga muncul dalam soundtrack filmnya.


Penulis: Muhamad Taslim Dalma