Menikmati Aneka Menu Kekinian di Rumah Makan “Saranghae” Kendari

Rumah makan "Saranghae" di Kota Kendari. “Saranghae” dari Bahasa Korea, artinya “aku cinta”. Menu yang disajikan berupa makanan-minuman kekinian.
JENDELASULTRA.BLOGSPOT.COM – Di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, yang dikenal juga sebagai Kota Lulo, ada begitu banyak kedai dan rumah makan yang menyajikan beragam menu tradisional hingga modern. Bagi Anda yang ingin bersantai dan bersantap di tempat yang sederhana ataupun ingin pesan antar, dengan harga tidak menguras isi kantong, tapi istimewa. Rumah makan “Saranghae” patut dicoba.

Seperti namanya “Saranghae” yang diambil dari Bahasa Korea, artinya “aku cinta”. Selain karena ibu pemilik rumah makan ini penggemar korea, juga yang ingin dihadirkan adalah rasa “cinta” terhadap aneka menu makanan dan minuman yang dibuatnya, serta tidak ingin mengecewakan pelanggan. Atas dasar prinsip ini, bahan-bahannya dibuat dari bahan berkualitas.

Beberapa jenis makanan yang disediakan misalnya nasi goreng merah per porsi seharga Rp25 ribu, chickbong honey sauce (ayam karage krispy dibalur saus madu ala korea) Rp20 ribu, chicbong sambal matah (ayam karage krispy dengan taburan sambal matah yang pedis di mulut) Rp20 ribu. Selain itu, ada juga menu dari daging sapi, adalah pallubasa khas Makkasar seharga Rp20 ribu.

Minuman yang dapat dipilih juga beraneka ragam, yang tidak hanya akan memanjakan mata tapi juga memanjakan lidah. Dengan porsi yang lumayan jumbo, misalnya  dengan rata-rata harga Rp 15 ribu per porsi adalah green tea ice blend, ice blend choco swiss, ice blend choco oreo, dan masih banyak lagi.

Lalu ada pula tart susu 20 cm dengan tiga jenis yaitu original, cokelat, dan pandan. Jenis kue lainnya adalah mini pie susu, pie susu, boba cheese foam cake, dan pudding choco regal. Tersedia pula kentang goreng bagi yang sedang tak ingin memesan kue.

Dengan adanya aneka kue itu, maka tentu bukan saja untuk makan siang atau makan malam. Sarapan pagi pun bisa lewat warung makan ini, kue tinggal dipadukan dengan hot coffee, maupun minuman hangat yang ingin dibuatkan.

Lalu, apakah nama-nama yang keren sebanding dengan rasa dan kualitasnya? Pertama tentu Anda harus mencobanya langsung atau memesannya untuk diantarkan. Kedua mari perhatikan uraian berikut tentang  tiga jenis menu dari rumah makan tersebut.



*Greentea Ice Blend

Sekilas penampakannya sama seperti ice blend yang banyak dijajakan di beberapa warung pinggir jalan. Mulai dari bahan es yang diblender hingga campuran susu kental manisnya.  Namun tidak demikian dengan rasanya, lebih lembut dan tidak begitu pekat rasa teh hijaunya.

Greentea Ice Blend di Saranghae ini tidak menggunakan bubuk atau teh hijau pada umumnya, tapi dari potongan daun teh hijau yang direbus sendiri. Hal ini menjadi pembeda sekaligus menimbulkan cita rasa yang khas.

*Pallubasa Khas Makassar

Kata “khas Makassar” tidak asal ditempelkan, tapi memang boleh dibilang tidak kalah dengan yang ada di Kota Makassar. Rasa potongan daging sapinya gurih berpadu dengan kuah, disajikan hangat dalam sebuah mangkuk.

Mengapa dikatakan tidak asal, karena memang daging has dibawa langsung dari Makassar Sulawesi Selatan. Daging sapi dari Makassar dirasa lebih enak dan empuk. Hal ini juga turut membedakan dengan sajian-sajian rumah makan lain di Kota Kendari.

*Nasi Goreng Merah

Disajikan dalam mangkuk, di dalam nasi goreng ada beberapa potongan seafood dan di atasnya ditaburi kerupuk. Warnanya merah lagi cerah dan rasanya gurih, mungkin karena perpaduan bumbu dan saus yang memang sengaja didatangkan dari luar Kota Kendari yang dinilai lebih standar dan berkualitas.

Tiga deskripsi jenis sajian itu, mungkin hanyalah gambaran kecil tentang rumah makan ini. Yang pastinya apa yang disajikan,  sejalan dengan prinsip pemilik warung ini yang tidak ingin dianggap menyajikan menu “kaleng-kaleng”.

Bagi anda yang tertarik dengan rumah makan ini, bisa langsung membuka google map di handphone. Tulis “Saranghae” akan muncul alamat dan gambar-gambar sajian dan tampilan tempatnya, atau klik di sini.

Alamat lengkapnya di JL. Y. Wayong By Pass No. 55 C Lepo-lepo atau untuk pesan antar bisa menghubungi lewat telpon maupun WhatsApp di nomor 082293931111.


Penulis: Muhamad Taslim Dalma