BPOM dan Disperindag Segera Dipanggil, DPRD Sultra: Bukan Saja Masalah Beras Plastik

Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Muhammad Endang.
JENDELASULTRA.BLOGSPOT.COM, KENDARI – Menanggapi isu peredaran beras plastik, maka paling lambat minggu ini DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan segera memanggil hearing Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Sultra dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sultra. Hal ini dianggap perlu untuk memastikan keamanan pangan masyarakat Sultra bukan saja dari ancaman beras plastik tapi makanan berbahaya lainnya.

Wakil Ketua DPRD Sultra Muhammad Endang mengatakan persoalan beras menyangkut isi perut rakyat yang perlu mendapat perhatian serius. Banyak di negara lain terjadi revolusi hanya karena masalah pangan termasuk beras.

“Jangan main-main dengan persoalan beras ini karena terlalu banyak hal yang mesti diklarifikasi oleh pemerintah. Dikatakan tidak ada impor beras tapi berdasarkan laporan dari Tiongkok itu ternyata ada ekspor ke Indonesia, beras plastik lagi,” Kata Endang di Kendari, Selasa (26/5/2015).

Hanya karena beras bisa mengganggu stabilitas pemerintahan, politik, sosial, dan lainnya. Pemerintah Endang diharapkan bisa cepat tanggap, kalau memang itu motif politik seperti yang disampaikan presiden dan mendagri, maka itu harus cepat diusut.

Endang berharap pihak terkait seperti BPOM agar memeriksa kemanan makanan yang dikonsumsi masyarakat secara rutin. Selain beras, makanan juga butuh pemeriksaan aman atau tidak seperti yang berupa jajanan, gorengan-gorengan, dan lain sebagainya.

Penulis: Muhamad Taslim Dalma (Jurnalis ZonaSultra.Com)