Demokrat Masuki Tahap Uji Kepatuan dan Kelayakan, 3 Balon Bupati Wakatobi Ikut Serta

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Wakatobi La Moane Sabara. Foto: Dok. Penulis.
JENDELASULTRA.BLOGSPOT.COM, KENDARI - Dalam Rangka Suksesi pemilihan kepala daerah 2015 Partai Demokrat Wakatobi menggelar tahapan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Imperial Hotel Kendari, Selasa (26/5/2015). 3 bakal calon (Balon) bupati yang ikut serta dalam tahapan itu yakni Haliana, Muhamad Ali, dan Arhawi.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Wakatobi La Moane Sabara mengatakan ketiga orang itu datang dari latar belakang berbeda-beda. Haliana seorang pengusaha sukses, Muhamad Ali sebagai Ketua DPRD Wakatobi, dan Arhawi selaku wakil bupati Wakatobi. Ketiga orang tersebut disebut-sebut sebagai figur inti yang mempunyai potensi menjadi bupati Wakatobi.

Lewat tahapan itu La Moane berharap partainya akan mendapatkan calon bupati yang betul - betul mempunyai visi, misi, serta konsep yang jelas. Tahap uji kepatutan dan kelayakan tersebut melibatkan banyak ahli dari sosial budaya,politik, ekonomi, pemerintahan dan lainnya. Turut serta diantara tim penguji Prof. Andi Bahrun.

"Setelah proses ini yang akan berakhir sebentar malam, masih ada indikator lainnya yang akan turut menentukan siapa yang akan diusung Demokrat yakni tingkat elektabilitas yang akan disurvey. Tapi yang paling utama adalah bagaimana figur itu bisa diterima masyarakat Wakatobi," Kata La Moane di sela - sela kegiatan.

Menurut La Moane koalisi sangat diperlukan agar dapat mengajukan calon bupati di Wakatobi. Saat ini Demokrat hanya memiliki 2 kursi di DPRD Wakatobi maka kata diharapkan dari ketiga calon itu sudah membangun komunikasi dengan partai lain.

Dikatakan La Moane berdasarkan kesepakatan di kongres calon dari Demokrat akan diumumkan antar tanggal 1 Juni dan sebelum 16 Juli 2015. Untuk sampai pada penetapan calon tersebut maka akan ditentukan oleh tim Pilkada yang berjumlah 6 orang yang terdiri dari masing-masing dua orang DPP, DPD dan DPC yang diketuai Muhammad Endang Selaku Ketua Partai Demokrat Sultra.

Penulis: Muhamad Taslim Dalma (Jurnalis ZonaSultra.Com)