Warga Sultra Asal Muna Korban Pesawat Jatuh, Gubernur Beri Tanggapan

Kecelakaan Pesawat. Foto: Ilustrasi.
JENDELASULTRA.BLOGSPOT.COM, KENDARI –  Dari 54 penumpang korban jatuhnya pesawat Trigana Air  di Pegunungan Bintang Papua, Senin  (16/8/2015), 4 di antaranya merupakan warga Sulawesi Tenggara (Sultra) asal Kabupaten Muna.  Mereka adalah Yusran (20), La Ode Musran (20), La Boni (23) dan Wa Ode Suriana. Tiga dari empat orang itu merupakan warga Desa Langkumapo, Kecamatan Napabalano, Kabupaten Muna. Sedangkan Wa Ode Suriana merupakan warga Kelurahan Tampo, Kabupaten Muna.

Mendengar hal itu, Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Alam atas nama pribadi, keluaraga, dan pemerintah menyampaikan belasungkawa.  Ia turut prihatin karena yang menjadi korban kecelakaan pesawat di Papua adalah warga Indonesia, apalagi jika ada warga Sulta menjadi di dalamnya.

“Olehnya saya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar wasapada, yang hendak berpergian supaya benar-benar mempertimbangkan kondisi iklim atau cuaca,” Kata Nur Alam di Kantor Gubernur Sultra usai upacara proklamasi kemerdekaan, Senin (17/8/2015). 

Salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap keselamatan penerbangan itu adalah soal iklim atau cuaca. Lanjut Nur Alam, pesawat  sering jatuh di seluruh dunia bukan hanya di Indonesia.

Untuk maskapai penerbangan yang beroperasi di Sultra Nur alam menyerahkan hal-hal menyangkut kemanan kepada lembaga atau kementrian terkait dalam hal ini kementrian perhubungan (Kemenhub). Kemenhublah regulatornya yang akan melihat kelayakan terbang maupun hal-hal yang prinsip di dalam menjaga keamanan penerbangan.


Penulis: Muhamad Taslim Dalma (ZONASULTRA.COM)