Ternyata di Kendari Lebih Banyak Wanita Daripada Pria


JENDELASULTRA.BLOGSPOT.COM - Bahasan soal jumlah pria dan wanita dalam suatu daerah maka yang terpikir adalah bagaimana peluang poligami? Atau seberapa banyak yang jomblo. Namun pembahasan ini tidak akan menjurus ke hal-hal seperti itu. Tulisan ini hanya hendak menggambarkan jumlah pria dan wanita dari data yang ada.

Kota Kendari atau yang dikenal sebagai kota bertakwa merupakan ibu kota Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan penduduk terpadat. Dibanding dengan daerah-daerah lainnya di jazirah Sultra, boleh dikatakan Kendari memiliki penduduk terbanyak.

Kota Kendari atau sebut saja kota Sinonggi (makanan khas dari sagu) ini, diperkirakan pada tahun 2016-2017 penduduknya sudah mencapai 359.310 orang (perempuan dan laki-laki). Kendati demikian belum ada data real pada rentang tahun 2016-2017.

Perkiraan tersebut didapat hanya dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Kendari bahwa jumlah penduduk Kendari 2015 yakni 347.496 yang disandingkan dengan rata-rata pertumbuhan penduduk di Indonesia bergerak pada angka 3,4 persen pertahun maka diperoleh data 359.310.

Namun demikian 359.310, tidak seluruhnya tercatat sebagai warga Kendari sebab masih banyak warga yang tercatat sebagai warga luar Kendari atau pendatang. Kota Kendari hanyalah sebagai tempat persinggahan bagi aktifitas ekonomi, bisnis, wisata, dan lainnya.

Untuk mengetahui jumlah wanita dewasa dan pria dewasa maka bisa dilihat dari Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditetapkan Komisi Pemilhan Umum (KPU) Kota Kendari. Hitungannya memang tidak termasuk anak-anak sebab tulisan ini hanya memberikan gambaran real jumlah wanita dan pria yang sudah dewasa. DPT juga dapat memberikan gambaran mana saja warga yang benar-benar tercatat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari.

Dari data DPT yang ditetapkan KPU pada 6 Desember 2016, jumlah wanita menembus angka 90.964 orang sedangkan pria/laki-laki hanya 88.450. Total laki-laki dan perempuan yang tercatat hanya 179.414. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa selisih pria dan wanita mencapai 2.514. (Baca Juga: Penduduk Kota Kendari Lebih Banyak Laki-Laki, Ini Buktinya)

 
Penulis: Muhamad Taslim Dalma