Mengenal Aco, Jagoan Dangdut Asal Baubau yang Melesat di LIDA Indosiar

Muhammad Adriansah alias Aco adalah kontestan Liga Dangdut (LIDA) Indonesia 2020. Saat ini Aco berhasil masuk TOP 12 besar. Pemuda ini berasal dari Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. 


JENDELASULTRA.BLOGSPOT.COM – Nama lengkapnya Muhammad Adriansah, dengan sapaan akrab Aco. Pemuda berusia 21 tahun ini adalah kontestan yang terus melesat di Liga Dangdut (LIDA) Indonesia 2020, salah satu ajang pencarian bakat yang diselenggarakan stasiun TV swasta Indosiar.

Keseharian Aco adalah seorang muadzin di Masjid Raya Baubau, dan juga mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Buton.  Ia juga seorang qori (mahir dalam seni baca Alquran), plus hobi menyanyi dangdut.

Hal itulah yang membuatnya berbeda dengan lainnya. Bakatnya menyanyi terasah dari kebiasaannya mengumandangkan adzan, mengaji, dan menyanyi. Semuanya berpadu padan lalu menggema dalam irama dangdut yang unik nan enak didengar.

Prestasi si jago dangdut ini dalam seni baca Alquran bukan kaleng-kaleng, di antaranya pernah Juara 1 MTQ tingkat Provinsi Sultra, juara 3 lomba syahril Qur'an tingkat Provinsi Sultra.  Pun dalam hal menyanyi juga tak kalah gemilang, misalnya pernah juara 1 lomba dangdut Halo Sultra, juara lomba dangdut tingkat Provinsi Sultra, dan terakhir juara 1 Bintang Vokalis Tingkat Nasional (Jakarta).

Soal keikutsertaannya dalam Liga Dangdut tak lepas dari keikutsertaannya dalam kegiatan Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) tingkat nasional di Jakarta. Jadi, ceritanya pada 19 Desember 2019 Aco meraih juara 1 kategori putra. Keesokan harinya ia mendapat kesempatan mengikuti penjurian artis di salah satu ajang pencarian bakat terbesar LIDA 2020.

*Kehidupan Orang Tua

Aco lahir di Balikpapan pada 26 Agustus 1998 dari dua orang tua yang sederhana. Ayahnya asli suku Bugis sedangkan ibunya asli suku Buton.

Meski lahir di Balikpapan, Aco tumbuh dan besar di Kota Baubau, daerah asal ibunya. Pendidikannya diawali di SDN 1 Baubau, lalu SMPN 1 Baubau dan SMKN 1 Baubau.

Di Kota Baubau, ibunya biasa membantu keluarga bikin roti, dan menjaga jualan kue. Sedangkan ayahnya adalah penjual es gerobak. Kehidupan orang tua Aco itu ditampilkan dalam salah satu sesi ajang LIDA.
Ayah Aco yang sedang berjualan es ke anak-anak sekolah. (Sumber: Indosiar)

Ayahnya menjual es ke sekolah-sekolah di Kota Baubau. Kerja itu sudah dilakoni ayahnya sejak Aco berusia 3 tahun dan masih terus dilakukan hingga kini.

Tampak ayah Aco mendorong gerobak berwarna hijau dengan kaos oblong dan memakai topi hitam. Di atas gerobak ada payung sebagai pelindung dari sengatan matahari. Gerobak itu di dorongnya menyusuri jelan menju sekolah-sekolah.

Potongan es batu dicampurkannya dengan sirup lalu dimasukan dalam plastik yang sudah ada sedotannya. Sajian es yang seperti itu tampak disukai anak-anak, terbukti kadang banyak mengerubungi.

*Masuk Top 12

Kini Aco terus melesat masuk di 12 besar kontestan Liga Dangdut Indonesia. Pada awal April 2020, dia akan tampil di Konser TOP 12. Untuk terus maju dan menjadi juara, dia butuh dukungan seluruh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke terkhusus warga Sulawesi Tenggara.

Caranya ketik LIDA (spasi) ACO kirim ke 97288, dan bisa juga vote lewat Tokopedia. Kirim dukungan sebanyak-banyaknya atau semampu Anda, agar Aco menang.

Di babak ini TOP 12 ini peserta yang tersisa dibagi ke dalam 3 grup dan akan berduet dengan 6 orang senior mereka dari D'Academy (DA) maupun LIDA.

Masing-masing senior DA maupun LIDA akan berduet dengan 2 orang peserta LIDA 2020 berbeda di grup berbeda beda.

KOMPOSISI TEMAN DUET TOP 12
FAUL : JANNA, NIA
FILDAN : DIYAH, GUNAWAN
ICAL : MELI, WULAN
IRWAN : ANDARI, HAMID
LESTI : ACO, HARI
RARA : DINI, EVA

Jadwal grup:

Grup 1
1.Dini(Sumut)berduet dengan Rara lida
2.Diyah(Jatim) berduet dengan Fildan
3.Hamid(NTT)berduet dengan Irwan
4.Wulan(Banten)berduet dengan Ical

Grup 2
1.Andari(Sulbar)berduet dengan Irwan
2.Hari(Jambi)berduet dengan Lesti
3.Meli(Jabar)berduet dengan Ical
4.Nia(Sulsel)berduet dengan Faul

Grup 3
1.Aco(Sulteng)berduet dengan Lesti
2.Eva(NTB)berduet dengan Rara
3.Gunawan(Malut)berduet dengan fildan
4.Janna(PapBar)berduet dengan Faul

Note:
- Sudah Ada Malam Show & Result Show
- Peserta Akan diduetkan dengan senior dimalam Show!
-Ayo Dukung Jagoan Kalian Dengan Cara SMS/Vote Di Aplikasi Tokopedia Play. (*)

Penulis: Muhamad Taslim Dalma